Rabu, 15 April 2009

QingDao Trip


Tanggal 4-7 April kemarin kita jalan2 ke QingDao bo...Berbekal housemate masing2 (kecuali yang di bei qu), sekitar jam 5 pagi kita jalan dari daerah Yangpu ke Pudong Airport. Perjalanan SH - QD makan waktu sekitar 1 setengah jam (ok lah...tiketnya murah juga).

Semestinya kita tinggal di Old Observatory International Youth Hostel tapi krn ada kesalahan teknis jadi kita dipindah ke Long Jia Hotel, tepat di sebrang No. 1 Bathing Beach (menurut gue lokasinya pas bgt, deket kemana2).

Hari pertama!
Ga tau kenapa hari pertama di sana kerasa lamaaaa bgt!!! Begitu sampe di hotel kita bermales2an sampe siang trus makan di 1 resto yg gue ga tau namanya. Kayanya smua jatuh cinta sama tuh resto (atau ayinya?). Habis makan kita jalan2 di sepanjang No. 1 Bathing Beach (is that even a name???) sampe ke BaDaGuan (八大关). Di BaDaGuan ini kita bisa liat vila2 modern...trus lokasinya di seblah pantai jadi viewnya bisa dibilang 'killer view' lah....mungkin.
Cape & laper liatin rumah orang, kita pergi makan ke ... (gue lupa nama jalan & restonya). Resto ini sepertinya spesialisasi seafood & di sana beberapa dari kita nyobain bintang laut. Ada yg bilang enak, ada yg bilang eneg, ada yg geli pas ngeliat doank (hint: yg nulis).
Anyway, 1st impression mnurut kita di QingDao: orangnya ramah2, kotanya lebih bersih dari Shanghai. Personally selain itu menurut gue kotanya sepi bgt T_T...dan kenapa orang2 tua di pantai itu perlu lompat2 pake celana pendek...hiks.

bintang laut *hiyyy*

Hari kedua!
Kita pergi ke suatu jalan yang gue lupa lagi namanya (maaf ya...) dan kita makan siang di situ. Dilayani oleh fuwuyuan yg rada2 nyolot tampangnya (langsung buyar deh 1st impression tentang org ramah). Gue ga bisa cerita banyak tentang resto ini krn pada hari itu gue lage ada masalah pencernaan (TMI ohohoho). Habis dari resto M&M (Martina & Michelle) pergi ke Underwater Aquarium (bener ga namanya?) dan sisanya balik ke No. 1 Bathing Beach buat nyantai, liatin kakek2 tua berenang dan tidak lupa berfoto2.
Malemnya kita pergi makan ke Steven Gao's Restaurant di 20 Zhuhai Lu (kali ini gue inget!). Resto ini sepertinya terkenal di QingDao dan sangat berkesan buat si yang nulis. Resto ini menyediakan makanan Shandong dan menurut gue "Delizioso, delicious, oishii, haochi, maknyus!" Kalo loe ke Qingdao langsung pergi kesana coba sendiri deh.

Bukan anak Fudan kalo jam 12 pulang...jadi kita lanjut ke satu daerah yang ada bar sepanjang jalan (iya gue lupa lagi namanya) dan akhirnya kita nongkrong di bar yg namanya LPG. Bar ini ok lah, lumayan gede, banyak bulenya dan ada salsa mix. Apa itu salsa mix? Tanya Jimmy.

Hari ketiga!
Kita pergi ke pabrik bir TsingTao di beer street. Tiket masuk 50 kuai dan loe nanti dapet sekantong kecil kacang bir, segelas draft bir dan 1 pitcher bir buat rame2. Pabriknya terbagi atas bagian A, B dan C (tapi koq gue ga inget kita ke bagian C ya). Di bagian A kita bisa liat sejarah2 tentang bir ini dan macem2 bir TsingTao.
Bagian B isinya tentang pembuatan bir. Di sini kita dikasih segelas kecil bir yang katanya "raw". Emang beda sih waktu itu gue minum dgn perut kosong tapi ga bikin perut panas dan dimakan sama kacangnya lebih enak. Yg paling menarik dari pabrik beer ini adlh "Drunk Room". Di dalemnya kita ga bisa ngontrol gerakan dan kepala rasanya berat & pusing. Mungkin itu rasanya pas mabok kali ye?
Malemnya kita makan di daerah beer street, dan tempat ini tempat indoor dengan dekor2 seperti outdoor (gmn jelasinnya ya?). Langit2 dilukis seperti awan & eksterior resto2nya seperti rumah asli. Terlalu banyak resto & sudah terlalu laper akhirnya pilihan jatuh ke Old Hongkong Restaurant. Makanan disini standar, tapi roti nanasnya......Loe tebak aja deh.
Seperti biasa anak Fudan tidak akan pulang sebelum ayam berkokok. Jadi kita pergi ke WuSi GuangChang...meskipun hari senin, neh tempat ternyata rame juga. Ada orang ngamen, ada yg jualan, ada yg pacaran...Abis itu kita kembali ke...Steven Gao's!!!

WuSi Guangchang

Hari Terakhir!
Setelah check out dari hotel, kita kembali ke resto pertama buat makan siang. Kali ini makanannya kerasa lebih enak lagi. Mungkin mreka tau kita uda mau pulang. Trus kita pergi ke Laoshan. Di Laoshan kita ngeliat banyak....batu. Batu yang besar, batu yang sangat besar, batu yang sedang, batu yang kecil dan batu yang sangat kecil. -_-''
Biaya masuk ke daerah ini adalah 70 kuai & buat naik cable car sampe ke atas tambah 50 kuai. Jgn lupa jam 4.30 sore cable car udah ga beroperasi lagi, jadi harus jalan kaki turun (katanya butuh waktu 2 jam hiyy...)
Di sini kita bisa ngeliat killer view lagi, terutama waktu sunset.


Abis itu dari Laoshan kita langsung ke airport & perjalanannya terasa sangat laaaaaaaama. Tapi di airport kita dpt pengalaman baru...pesan KFC dari meja kita sendiri hohohoho ga penting ye.
Sekian laporan dari saya. (Fril)

2 komentar:

Nv's MakeUp mengatakan...

ng Qingdao dan menemukan blog kamu,,,
saya berencana bersekolah di sana selama 1 tahun, menurut kamu, apakah disana tempatnya bagus dan cocok buat bersekolah??
apakah penduduk disana berbicara mandarin?? (atau bahasa daerah??)

makasih ya kalo uda mau jawab....

btw, sekolah yg ingin saya daftar itu nama nya ocean university of qingdao

shevcendut mengatakan...

sori novita,berhubung blogspot di blokir di cina kita gak bisa update akhir2 ini,jadi sori ya kalo baru kebaca message nya....
kita sebenernya ke qingdao bukan sekolah disana,tapi cuma buat liburan,lingkungan disana cukup menarik,cocok jika ingin belajar mandarin disana,sehubung sedikitnya org indo di qingdao,mgkn bisa mempercepat kamu menguasai bahasanya.tentu penduduk disana berbicara bahasa mandarin,pasti ada juga bahasa daerah,tapi sewaktu kami kesana termasuk sedikit yg mengunakan bahasa daerahnya.demikian info nya